Wednesday, May 27, 2020

Ekspedisi Berdaya di Desa Pananjung, Kec. Pamulihan

Ekspedisi Berdaya di Desa Pananjung, Kec. Pamulihan

8-10 Nopember 2019

 

Best memory dan pengalaman berharga bisa mengikuti ekspedisi ini. Kegiatan yang sangat positif, bisa mengenal dan bertemu teman-teman semua dalam ekspedisi ini. Kegiatan sosial ini sebenarnya sudah sering dilakukan oleh teman-teman di Berdaya Foundation selaku lembaga sosial yang didirikan oleh para mahasiswa dari Garut. Sejujurnya aku tidak terlalu tahu banyak tentang ini namun pertama kali di bulan Nopember ini aku ikut serta menjadi relawan untuk melakukan Ekspedisi di Desa Pananjung. Awalnya, aku tertarik dengan kegiatan ini karena jujur saja aku mencari cari kegiatan sosial seperti ini untuk menambah wawasan dan pengalaman di lingkungan sekitar dan kebetulan kegiatan ini akan dilakukan di Desa yang tidak jauh dari tempat tinggalku. Secara pribadi, aku menyukai kegiatan bakti sosial seperti ini karena seperti ‘Healing Time’ for me dari beberapa kegiatan sehari-hari yang membosankan hehehe.


Eksspedisi Pun dimulai….

Kami dijadwalkan melakukan kegiatan ini pada tanggal 8,9,10 Nopember 2019, kami pun diterima dengan baik di Desa Pananjung dan tinggal di rumah Bapa Ustadz Ade selaku pengurus Madrasah di Desa Pananjung yang akan kami jelajahi keistimewaannya. Tanggal 9 Nopember, kami memulai kegiatan dengan melakukan PRA bersama teman-teman untuk mengeksplor apa saja yang menajdi potensi untuk kemajuan Desa selanjutnya. Kegiatan ini sangat menyenangkan karena selain menambah wawasan, kami juga diberi kesempatan untuk mengenal dan mempelajari lebih banyak kebiasaan dan keseharian masyarakat di Desa Pananjung. Dari kegiatan ini, kami menyimpulkan apa saja yang menjadi masalah dan juga keistimewaan dari Desa ini untuk ditindaklanjuti demi kemajuan Desa selanjutnya. Kami pun banyak berdiskusi tentang hal tersebut dan jujur saja hal ini sangat melatih diri kita untuk belajar mengemukakan sesuatu dan  belajar berbaur dengan pendapat lain untuk saling menghargai.




Hari pertama dan kedua, berjalan sesuai dengan rencana dan sangat menyenangkan. Hari Ketiga, yang menjadi hari terakhir kami, pagi-pagi kami mengadakan Bazar dengan menjual baju-baju yang layak pakai dengan harga terjangkau yang hasil penjualannya kami sumbangkan untuk yatim duafa dan juga masyarakat kurang mampu. Ini sangat menarik, aku baru pertama kali melakukan kegiatan ini dan sangat menyenangkan serta muncul kedamaian dalam batinku betapa menyenangkannya melakukan kegiatan  positif ini. Kutatap teman-temanku sejenak, Alhamdulillah aku sangat bersyukur kepada Allah atas anugerah istimewa ini, bersyukur karena aku dipertemukan dengan orang-orang yang luar biasa, orang-orang yang selalu menebar kebaikan dengan tulus, aku tahu mereka sangat tulus, aku tahu mereka sangat ikhlas, aku tau mereka melakukan semua hal ini hanya karena untuk mendapat karunia-Mu ya Allah. Jujur saja aku merasa iri kepada mereka, iri atas sikap dalam kebaikan mereka, iri dengan ketukusan keihlasan yang mereka berikan kepada sesame, meskipun mereka banyak yang lebih muda dariku, yang mungkin banyak hal hail yang ingin mereka lakukan, tapi mereka lebih senang melakukan kegiatan baik ini karena mereka yakin kebaikan akan selalu menjadi hasil yang baik suatu saat nanti. Aku banyak belajar dari mereka, kita hidup bukan hanya untuk diri kita sendiri, kita juga harus menghormati  dan menghargai orang lain tanpa membedakan . Aku belajar bahwa kebaikan apapun jalanilah dengan ikhlas dan tulus, karena suatu saat kita akan memetik hasil kebaikan yang telah kita tanamkan.





Ya Allah…Berkahilah hidup mereka, lancarkanlah segala urusan mereka, berilah kesehatan untuk mereka agar selalu melakukan kebaikan yang Engkau anjurkan, aamiin….Pelajaran berharga yang aku dapat dari mengenal mereka, sejujurnya aku malu, karena tidak sehebat mereka terutama dalam mengenal agamaku sendiri Islam, aku yang hanya sebutir biji ini tidak ada apa-apa dibandingkan mereka yang rasanya sangat dekat dengan Islam. Bismillah, aku harus belajar dari mereka, yang harus memahami agamaku dengan baik, Ya Allah, Bimbinglah hamba-Mu ini untuk selalu berada di Jalan Lurus-Mu. Aamiin….

Setelah selesai melakukan kegiatan Ekspedisi di Desa Pananjung, Kami semua berangkat ke objek wisata Sanghyang Taraje Di Kec. Pamuliha. Dengan jalan yang awlohuakbar turunannya bagaikan roller caoaster wkwk akhirnya kami disuguhi pemandangan air terjun yang sangat indah dan menyegarkan. Kami pun makan bersama, dan kembali pulang ke rumah masing-masing dengan selamat hehee…









Thank You very much for beautiful memory :)

No comments:

Post a Comment